Indonesia dan Singapura Sepakat Mengembangkan Kerjasama di Bidang Pendidikan

Pendidikan

Indonesia kembali melakukan kerjasama dengan Singapura dalam bidang pendidikan,  dan hal ini dilaksanakan dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di bidang pendidikan pada Kamis pagi (7/9) di The Istana, kantor resmi Perdana Menteri Singapura.

Penandatanganan tersebut  disaksikan presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsieng Loong, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pendidikan Dasar Singapura Ng Chee Meng.

Dalam pertemuan tersebut keduanya telah menyepakati pertukaran kunjungan guru, pelajar, serta para pejabat kedua negara dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kerjasama dalam bidang pendidikan. Dalam pertukaran kunjungan guru tersebut, pemerintah akan memberikan fasilitas, tenaga ahli dan tenaga kependidikan untuk pertukaran informasi mengenai pedagogi. Dengan tujuan kedua negara tersebut dapat saling bertukar informasi terkait sistem pendidikan juga disepakati dalam memorandum saling pengertian yang berlaku selama lima tahun. Selain itu, Muhadjir juga mengatakan bahwa tidak hanya pertukaran kunjungan guru saja, tetapi juga diadakannya pertukaran siswa dari negara tersebut. 

“Nanti akan dilakukan pertukaran siswa kedua negara untuk mempromosikan pemahaman budaya dan bahasa masing-masing negara” tutur Muhadjir. (Artiah)

Sumber/foto: kemdikbud.go.id