Lakukan Hal Ini Agar Kita Tidak Mudah Lupa

Pendidikan

Memiliki daya ingat yang kuat tentu menjadi keinginan semua orang. Namun terkadang kita justru sering mengalami fenomena 'lupa',  mengenai berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari dari hal yang sepele hingga yang sangat penting. 

Seperti halnya saat kita menghadapi ujian, tentu sebagai pelajar kita harus menghapal materi yang akan menjadi soal dalam ujian ataupun kisi-kisi yang telah diberikan oleh guru. Namun ketika ujian itu dilakukan, sering kali justru mengalami blank dan semua hafalan hilang dalam sekejap. Bahkan terkadang sulit bagi kita untuk mengingatnya kembali.

Menurut sebuah artikel di harian Kompas, memang terdapat beberapa faktor yang menyebabkan materi yang dipelajari susah diingat. Sebagian diakibatkan karena kurangnya konsentrasi, karena terganggunya waktu belajar oleh suara bising atau terpotong oleh aktivitas lainnya. Keletihan fisik dan terkurasnya energi, dapat pula dapat membuat kemampuan berpikir berkurang. Juga bisa dikarenakan cara menghafal yang kurang tepat. 

Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi, antara lain dengan cara :

1. Tidak Bergadang Hanya Untuk Menghafal

Untuk belajar kita hanya perlu menyediakan waktu yang cukup untuk istirahat. Alasannya saat tidur, otak akan merekam kejadian yang dialami sebelum tidur, termasuk materi pelajaran. Jadi jika waktu tidur minim, memori yang terekam pun tak banyak. Paling efektif adalah belajar atau menghafai materi pelajaran dengan cara dicicil setiap hari. Saat mendekati ujian kita hanya perlu membaca ulang seluruh materi saja..

2. Tidak Melakukan Aktivitas Fisik Berlebihan

Sebelum belajar kita tidak perlu berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Langkah ini dipercaya akan membantu kinerja otak agar tetap terjaga. Jadi jika ada plak yang nenumpuk pada pembuluh darah dan menyumbat aliran nutrisi, plak ini dapat dikurangi dengan berolahraga. 

3. Mengendalikan Emosi

Dengan melakukan pengendalian emosi-emosi negatif seperti benci, marah, sedih, stres dan depresi. Maka kita akan dapat menghalangi masuknya rekaman memori ke otak. Jadi upayakan pada saat belajar, kita memiliki pikiran yang tenang dan belajarlah dengan suasana hati yang senang. 

4. Melakukan Aktivitas yang Merangsang Otak. 

Hal ini dapat kita lakukan antara lain dengan mengisi teka-teki silang atau memainkan permainan yang banyak melibatkan pikiran.  JIka dilakukan rutin  aktivitas ini dapat membantu daya ingat, karena dengan adanya aktivitas ini otak semakin terlatih. 

5. Memilih Makanan Sehat

Dalam mengonsumsi makanan pilihlah makanan, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat otak dan mengandung antioksidan cukup tinggi. Beberapa di antaranya adalah gandum, minyak ikan, blueberry, tomat, brokoli, dan kacang kacangan. 

Namun demikiaan sebenarnya kesulitah menghafal bisa juga terjadi akibat kurang memahami materi yang dipelajari. Oleh karena itu saat mendapatkan materi pelajaran baru, cobalah merangkumnya. Kemudian buatlah intisari dengan bahasa sendiri. Pelajar juga bisa mengategorikan informasi serupa untuk memudahkan hapalan. Jika perlu gunakan bantuan gambar yang menunjang. (Artiah)

 

Sumber/foto: kompas.com/reference.com