Cara Menghilangkan Sumber Stres di Tempat Kerja

P.I.O

Sebagian besar orang berpendapat bahwa tekanan di tempat kerja akan dapat merangsang tingkat kompetisi diantara mereka, sehingga hasilnmya mereka akan lebih mudah untuk maju dan berkembang. Namun demikian sebagian lagi berpendapat bahwa tekanan tersebut, justru dapat mengakibatkan turunnya kinerja bagi sebagian karyawan yang ada di kantor. Sehingga setiap berangkat ke kantor mereka merasa tersiksa, berkeringaat  dingin hingga merasa mual. Ini tentunya tidak sehat.

Setiap karyawan memiliki faktor pencetus stres yang berbeda-beda, namun demikian dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 10.000 orang karyawan kantor. Sebagian besar menjawab bahwa stressor tertinggi  terbesar mereka di tempat kerja ternyata adalah tujuan yang tidak jelas.

Sebanyak 40% responden mengindikasikan bahwa tujuan yang kurang jelas, paling banyak membuat mereka stres. Kemudian disusul dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ke tempat kerja, lantas rekan kerja yang sulit diajak bekerjasama. Jam kerja terlalu panjang dikeluhkan oleh sebanyak 13 % dari responden.

Untuk itu setiap pemilik usaha ataupun direktur HR, sebaiknya mulai mempertimbangkan kemungkinan untuk memperjelas tujuan mereka. Kemudian menyampaikannya kepada setiap karyawan yang terlibat dengan sistem komunikasi yang baik, karena jika ini tidak dilakukan maka akan dapat menyebabkan timbulnya ketegangan dalam organisasi.

Jika kita memiliki tujuan secara jelas, tanyakan pada diri sendiri apakah karyawan bisa memahami tujuan secara jelas. Sehingga diharapkan nantinya mereka mampu berkontribusi secara penuh dalam terhadap kesuksesan perusahaan. Bagi mereka terbiasa menggunakan  tabel check list, maka kita harus membiasakan diri dengan konsep SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant daan Time-bound). Karena dengan ini maka setiap pemiliki usaha ataupun HR akan dapat melakukan pengecekan secara terukur, relevan dan tepat waktu.

Selain itu kita juga harus senantiasa menjelaskan tentang sasaran di setiap level karyawan, mulai dari sasaran perusahaan hingga target individual. Karena hal ini pasti akan meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan. 

 

Sumber/foto : humanresourcesonline.com/huffingtonpost.com