Mendengarkan Musik dapat Meningkatkan Kreativitas

psychology

Dalam kehidupan ini kreativitas sangat penting, karena kreativitas merupakan suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidupan manusia. Bahkan menurut Treffinger sebagaaimana dikutip dalam bukunya Reni Akbar Hawadi, dkk, 2001 disebutkan bahwa tidak ada seorang pun yang tidak memiliki kreativitas. Karena dengan bantuan kreativitas yang dimiliki seseorang maka mereka akan mempunyai pengembangan diri secara optimal, dan  dapat mempergunakan ide-idenya untuk menciptakan kreasi baru demi kelangsungan hidup.

Untuk itu sangatlah penting bagi manusia untuk memiliki satu atau beberapa keahlian pada dirinya. Mengingat bahwa kreativitas adalah kualitas yang kompleks dan penting dalam dunia kita. Namun demikian adakalanya juga  kreativitas cepat berubah, oleh karena itu kita memerlukan sebuah solusi inovatif dalam menghasilkan gagasan baru. Kreativitas tersebut sebenarnya tidak selalu bawaan sejak lahir, namun harus dipelajari dan  ditingkatkan terus-menerus. 

Cara meningkatkan kreativitas dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk salah satunya dengan mendengarkan musik. Hal tersebut disampaikan dalam studi yang dilakukan oleh Simone Ritter dari Radboud University, The Netherlands dan Sam Ferguson dari University of Teknologi Sydney, Australia, yang diterbitkan dijurnal PLOS ONE. Menurutnya dengan mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kreativitas seseorang. Serta mampu menghasilkan lebih banyak solusi inovatif, dibandingkan dengan seseorang yang berada dalam keheningan atau diam.

Selain itu mendengarkan musik juga  sangat bermanfaat bagi kognisi seseorang, hal itu diungkapkan setelah para peneliti dalam sebuah penelitian yang melibatkan 155 responden dalam beberapa kelompok eksperimen. Kemudian setiap kelompok mendengarkan salah satu dari empat jenis musik berbeda yang mewakili empat keadaan emosi, seperti  tenang, bahagia, sedih, atau cemas. Kategori tersebut mereka pilih berdasarkan  pada valensi emosional (positif, negatif) dan gairah (tinggi, rendah) mereka. Sementara satu kelompok lainnya berfungsi kontrol untuk diam atau berada dalam keheningan. 

Para periset menemukan bahwa mendengarkan musik bahagia, dapat mendorong pemikiran kreatif yang lebih berbeda dibandingkan dengan diam.  Dalam studi ini juga mendapatkan kesimpulan bahwa kognisi kreatif dapat ditingkatkan melalui musik. Penelitian lebih lanjut juga mengeksplorasi bagaimana perbedaan suara sekitar dapat mempengaruhi kreativitas dan mencakup peserta beragam budaya, kelompok usia, dan tingkat pengalaman musik. (Artiah)

 

Sumber/gambar: sciencedaily.com/huffpost.com