Mengatasi Kelelahan Mental dengan Bergaya Hidup Sederhana

psychology

Aktivitas yang berlebihan sebagai gaya hidup yang sering dituntut dalam sebuah pergaulan sosial modern, cenderung berdampak pada kelelahan mental seseorang. Hal tersebut akhirnya bisa berujung pada kemampuan untuk mempertahankan kinerja kognitif yang optimal di tempat kerja atau di lingkungan lain.

Kelelahan mental sendiri atau biasa disebut dengan fatigue merupakan keadaan dimana tubuh dan jiwa terasa letih bukan hanya sekedar capek, tetapi juga lesu dan tidak bergairah. Ini  menggambarkan keadaan fisik dan  atau mental seseorang yang berubah menjadi lelah dan lemah. Jika seseorang secara fisik kelelahan cukup lama, mereka juga akan lelah mental. Saat itu mereka tidak dapat berfungsi pada tingkat normal, bahkan terkadang diikuti oleh menurunnya kemampuan fisik. Ini bisanya diikuti dengn perasaan mengantuk dan tidak mampu berkonsentrasi dengan baik, yang bisa berakibat seseorang  jatuh sakit.

Untuk menghindarinya maka kelelahan mental, perlu diatasi dengan gaya hidup yang benar. Diantaranya adaalaah dengan melakukan 

1. Olah nafas. Kelelahan mental bisa menimbulkan depresi, maka untuk mengendalikannya kitaa perlu melatih olah nafas agar mampu menenangkan diri. Gaya hidup sehat ini merupakan cara singkat untuk meredakan depresi, dan mengendalikan pikiran agar tetap fokus dalam satu pekerjaan.

2. Mengonsumsi makanan sehat. Gaya hidup sehat ini dapat membantu tubuh, agar mampu bekerja lebih baik dan terbiasa menerima nutrisi alami yang banyak. Sehingga tubuh mampu melawan rasa depresi yang selalu datang tiap harinya.

3. Rajin bergerak atau mengambil waktu untuk berolahraga seperti halnya gerakan meregangkan badan. Ini perlu dilakukan karena dapat melepaskan kekakuan di tubuh dan membantu aliran darah lebih cepat. Sehingga konsentrasi di tempat kerja semakin meningkat.

4. Tidur yang cukup. Untuk melawan kelelahan mental, harus dilengkapi dengan kebiasaan tidur yang cukup. Jangan sampai kita mengurangi waktu tidur hanyaa untuk merenungkan depresi yang tidak ada gunanya. Untuk itu pastikan bahwa kita memiliki waktu tidur yang cukup, sekitaar 6 hingga 8 jam perhari agar tubuh lebih kuat dan bugar.(Artiah)

 

Sumber/foto: lifehack.org/huffingtonpost.com