Menjadi Pemimpin dengan SMART

Leadership

INTIPESAN.COM - Untuk menjadi pemimpin harus bisa memiliki visi dalam hidupnya dan visi tersebut harus memenuhi lima syarat yaitu SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic dan Timely). Hal tersebut disampaikan oleh Wiliam Wiguna, Diligence Coach dalam  acara seminar Achieve Your Big Dream pada Jumat (16/6) di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan.

Wiliam juga mengatakan berapapun umurnya haruslah memiliki mimpi, tidak ada kata terlambat untuk bermimpi dan setiap orang perlu mewujudkan mimpi tersebut menjadi nyata.

Lebih jauh Wiliam mennerangkan bahwa leadership adalah orang yang memiliki kapasitas untuk menterjemahkan visi yang dimiliki ke dalam sebuah realita atau kenyataan, maka dari itu perlu sebuah perencanaan dalam mewujudkannya. Serta jangan takut dengan yang namanya halangan.

"Rencana apapun tentu memiliki halangan, namun halangan tersebut justru akan memotivasi kita untuk bekerja/berusaha lebih keras lagi," ucap Wiliam.

Sering ada pertanyaan apakah seorang pemimpin itu dilahirkan atau bisa dilatih? Wiliam menjawabnya seorang pemimpin itu ada yang sudah terlihat sejak kecil atau yang memang karena terlatih. Contoh pemimpin yang lahir dari talenta contohnya ketika ia masih kecil sudah terlihat suka mengatur teman-temannya dan menyuruh temannya. Lalu ketika dewasa ia sering banyak berbicara ketika rapat, terstruktur, berwawasan luas. Sedangkan contoh seorang pemimpin yang lahir dari kedudukan karena ada Surat Keputusan (SK) pengangkatan dan itu bukan pemimpin.

Terakhir, Wiliam  mengatakan ada enam syarat menjadi pemimpin masa depan, yaitu harus memenuhi syarat seperti self confidence, transparan, fleksibel, mampu berkolaborasi, empowerment, dan sesuai dengan passionnya. (Manur)