Jack Ma : Memimpin dengan Visi dan Moral yang Tinggi

Leadership

Jack Yun Ma, pendiri  sekaligus eksekutif  AliBaba Group, telah dikenal karena keberhasilannya di bisnis online.  Selain piawai membangun berbagai model bisnis, Jack Ma juga dikenal karena kepribadiannya yang luar biasa, baik dari gaya kepemimpinan maupun keyakinan. Sejak belajar internet pada 1995, ia ingin menghubungkan pengusaha Cina dengan belahan lain dunia. Setelah mendirikan AliBaba pada 1999, bisnis e-commerce Taobao.com memiliki kinerja mengesankan sehingga membuat  eBay menarik diri dari pasar Cina pada 2006.

Ketika berbicara tentang kepemimpinan, kita tahu banyak orang dengan keahlian tertentu dan berpendidikan  yang melakukan revolusi di bidangnya masing-masing, seperti Bill Gates dengan Microsof, Steve Job dengan Apple.    Tetapi Jack Ma hanyalah seorang guru bahasa Inggris, bukan ahli komputer.  Ia mengguncang dasar-dasar dari teori manajemen dan sains, dengan merevolusi bisnis e-commerce di Cina.  Orang yang sederhana ini telah meninggalkan para jagoan lain dan meraih keajaiban sukses.

1. Kharismatis dan Visioner 

Jack Ma pendiri dan  CEO  AliBaba merupakan contoh dari pemimpin kharismatis di negara itu di mana sains jauh berada di belakang dan ekonomi sedang bergerak  melambat.  Tetapi kepemimpinannya yang visioner membawa tidak hanya revolusi e-commerce tetapi  mengagetkan dunia,  karena ia membuat Cina sejajar dengan negara-negara maju.

Dalam dunia masa kini, di mana dinamika kastemisasi (customization), pentingnya karyawan, kemampuan daya saing, dan perubahan teknologi secara cepat  telah memarjinalkan kelanggengan bisnis dan pertumbuhan, sehingga seseorang tidak mungkin mencapai target sendirian.  Karena itu kepemimpinan dalam lingkungan seperti itu adalah  penting untuk melakukan perubahan di masyarakat.

2. Berusaha Mati-matian

Jack Ma, yang bukan hanya lemah di pelajaran matematika ketika masih sekolah, tapi juga gagal dua kali masuk universitas dan berjuang keras yang ketiga kalinya sebelum akhirnya bisa diterima di   Hangzhou Normal University.  Pemimpin tidak selalu mereka yang paling pintar tetapi yang mampu membangkitkan visi secara kharismatis.  Ia juga tahu orang harus terus berjuang dan menemukan peluang ketika gaya manajemen berubah, struktur berubah, sumber daya terbatas, teknologi selalu baru, manusia hanya mesin dan banyak bisnis berada di bawah kapasitasnya.

Kepemimpinan adalah tentang memikirkan sesuatu secara cermat sehingga dapat menjadi sumber pendorong utama menuju puncak kemasyuran dan sukses.  Jack Ma terbukti mampu melakukan transformasi organisasi kecil menjadi organisasi raksasa, seperti AliBaba.com, Taobao, Tmall, eTao, Alibaba Cloud Computing, Juhuasuan, 1688.com, AliExpress.com dan Alipay.

Pernah juga mendaftar di  Harvard University tetapi tidak berhasil.  Anehnya kini dia malah menjadi dosen tamu di beberapa universitas terkenal seperti Wharton School di University of Pennsylvania, Massachusetts Institute of Technology,  Peking University.  Dan juga di Harvard University.  

3. Orang yang Bermoral Tinggi 

Lelaki yang digelari “Trillion Yuan”  ini awalnya hanya seorang guru bahasa inggris di Hangzhou Teachers Institute selain juga bekerja sambilan sebagai pemandu wisata. Ia menjadi pelopor di bidang teknologi informasi yang sedang bertumbuh di Cina, dengan menjadi pemimpin dalam merancang struktur dan berperan  menginspirasi sejumlah besar orang.

Sanjay Varma yang adalah Vice President AliBaba menyatakan bahwa sebagai pimpinan Ma tetap merendah, disegani, dan pintar, tidak ada perubahan dalam dinamika kepribadiannya.  Hal-hal ini adalah moral tinggi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk membuat karyawan tetap termotivasi, meningkatkan komitmennya terhadap organisasi, dan melambungkan semangatnya untuk meraih sukses.

4. Menemukan Peluang 

Untuk mengejar mimpinya, Ma menemukan peluang dengan meluncurkan direktori online pertama  berjudul  “China Pages” dan segera setelah itu tahun berikutnya memproklamirkan berdirinya  AliBaba di apartemennya di  Hangzhou dengan sumber daya yang lumayan didukung oleh 17 sahabat dan modal awal sebesar  $ 60,000,  pada saat itu belum banyak orang tahu e-commerce di Cina.   Ia betul-betul seorang pemimpin yang terjun langsung, mengandalkan tim, menginspirasi dan memberdayakan.

Kini Ma menjadi salah satu anggota kelompok milliarder di dunia dan memiliki $ 21.9 milliar kekayaan, menurut Bloomberg Billionaires Index.   Perjalanannya mulai dari  pemandu wisata menjadi orang paling sukses di Cina tidaklah mendatar, ada banyak hambatan dan rintangan. Kualitas dan perilaku hidupnya yang istimewa misalnya suka memberi semangat, terbuka, dan melihat peluang pada setiap masalah yang dihadapi.

5. Memperluas  Wilayah 

Ia tidak hanya membawa perubahan radikal di bidang industri e-commerce Cina tetapi juga membuka jalan bagi munculnya perusahaan-perusahaan baru seperti perusahaan travel online, aplikasi navigasi, jasa music-streaming dan lain-lain.  Hal itu telah membuat AliBaba melampaui domain inti  dan bersaing dengan organisasi kelas dunia seperti  Google dan GE, mengindikasikan adanya mutu kepemimpinan yang memiliki arah, mencapai target dan partisipatif.

Jack Ma tidak hanya berkali-kali mengalami kegagalan tetapi juga mengalami penolakan, bahkan dianggap keterlaluan oleh ayahnya. Dengan keberanian, keinginan besar (passion) dan semangat, ia bertukar pikiran dengan teman-teman dan koleganya dengan rangsangan intelektual, kharisma dan pengaruh idealisme yang mengubah impian tentang China Pages, AliBaba, Taobao menjadi kenyataan.

6. Pemberian Wewenang kepada Orang Lain 

Dengan tinggi badan hanya 5 kaki (165 cm), Ma pernah ditolak bekerja di KFC ketika perusahaan itu membuka cabang di kota kelahirannya Hangzhou di Cina bagian timur.   “Ketika KFC datang ke Cina, ke kota saya, ada 24 orang melamar pekerjaan dan ada 23 orang diterima, saya satu-satunya yang tidak,” katanya.   Sementara ia membuka kode rahasianya dan yakin dalam kepemimpinan transformasional yang paling kuat adalah jika Anda ingin berhasil, berikan wewenang kepada orang lain dan   Anda harus yakin bahwa orang ini lebih baik daripada Anda  agar kepastian sukses lebih pasti.  Salah satu rahasia sukses adalah  menginspirasi para pengikut dan percaya akan kekuatan dan potensi mereka.

Jack Ma menjadi kekuatan pendorong, ketika perusahaan TMall yang adalah situs belanja online dan beroperasi di bawah kelompok AliBaba, menghadapi tuduhan mengkampanyekan iklan palsu di Weibo.  Lebih dari 1500 komentar negatif diposting di media sosial tersebut.  Anehnya pasca krisis, Ma dapat meningkatkan popularitas situs belanja dengan menerapkan strategi  mengejek diri sendiri karena pendekatan konvensional tidak mampu meredam kemarahan publik. Ma melalui kepribadiannya telah menginspirasi jutaan orang di Cina dengan kesiapannya mengejek diri sendiri.  

Ia juga percaya bahwa wanita merupakan bagian penting dari masyarakat dan mereka telah memainkan peran penting dalam keberhasilannya membesarkan perusahaan. Perhatian terhadap pelanggan tidak dapat diabaikan.  Dan tentu saja sukses dan kemampuan hidup organisasi  akan tergantung pada pemimpin dan karyawan, karena itu karyawan harus diberi wewenang, didorong dan dididik.

7. Diikat oleh Budaya dan Filantofi 

Ma, yang dikenal gemar membaca novel Kungfu, mengadakan perjalanan dengan pelatih Tai Chi juga dikenal gaya hidup filantropisnya dan dalam hal ini ia mendapat dukungan dari orang kaya dunia seperti  Bill Gates dan  Warren Buffett.

Ma juga menjabat sebagai ketua  US Nature Conservancy untuk urusan Cina dan pernah mengatakan bahwa ia tidak dapat menjadi dokter  tapi ia dapat memiliki pendekatan untuk menyelamatkan kehidupan melalui pengobatan, lingkungan, pendidikan dan program budaya dengan kepemimpinan bermoral tinggi dengan memiliki empati, konseling dan pengembangan.  (Eko W)

Sumber: chinawhisper.com/independent.co.uk