30 Persen Pekerja Perbankan di Masa Depan akan Tergantikan oleh Robot

Industrial Relation

Cepatnya kemajuan terknologi saat ini akan berimbas pada para pekerja dunia perbankan. Mantan CEO Citigroup Vikram Pandit mengatakannya pada sebuah media internasional pada Sabtu (16/9) bahwa dalam lima tahun yang akan datang, ia memprediksi 30 persen pekerjaan di bank bisa menghilang.

Lebih jauh dirinya juga menyatakan ancaman terbesar teknologi datang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan robot. Dua teknologi ini akan menggantikan sumber daya manusia yang saat ini bekerja di back office.

"Saya melihat dunia perbankan beralih dari lembaga keuangan besar ke perusahaan yang sedikit lebih terdesentralisasi," tuturnya.

Riset yang pernah dilakukan Citigroup pada Maret lalu yaitu memperkirakan 30 persen pekerjaan perbankan akan hilang selama satu dekade mendatang. Perusahaan perbankan juga akan semakin banyak menggunakan kinerja robot untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Laporan Citi juga menyebutkan, adanya kantor cabang dan biaya staf bank membuat sekira 65 persen dari total biaya ritel dasar bank yang lebih besar. Banyak dari pekerjaan ini berisiko terkena dampak automatisasi. Pekerjaan teller juga akan terkena imbasnya karena banyak pekerjaan yang biasa dilakukan teller sudah bisa dilakukan di mesin ATM.(Manur)

 

Sumber/foto : bloomberg.com/nyobserver.com