Memotivasi Karyawan yang Kehilangan Semangat Kerja

Industrial Relation

Tak dipungkiri bahwa setiap orang pernah merasakan hilang semangat dalam melakukan segala hal, termasuk dalam bekerja. Semangat dalam bekerja memang sangat penting, karena berhubungan dengan kualitas kinerja dan produktivitas kerja karyawan yang selanjutnya berpengaruh besar pada kemajuan dan perkembangan perusahaan, apapun jenis usahanya. 

Oleh karena itu diperlukannya tindakan dan sikap kita sebagai pemimpin dan juga karyawan untun tetap menjaga semangat dalam diri untuk bekerja. Berikut merupakan hal-hal yang bisa kita lakukan sebagai pemimpin untuk menjaga semangat bekerja terutama bagi karyawan: 

1. Mengetahui latar belakang, mengenal dan memahami karakter, kekurangan dan kelebihan setiap karyawan. Dengan demikian kita bisa menyesuaikan sikap, gaya komunikasi, dan memberikan jenis pekerjaan yang tepat untuk tiap-tiap karyawan yang memiliki watak yang berbeda-beda, sehingga menimbulkan kesan bersahabat, disukai dan membuat karyawan merasa dipahami dan dihargai. 

2. Memperlihatkan semangat kerja, melalui gerak-gerik yang menimbulkan kesan aktif dan penuh semangat, karena gairah bersifat menular.Menjelaskan kepada karyawan bahwa pada hakikatnya mereka bukan "karyawan", karena mereka memang bekerja untuk kebutuhan mereka sendiri, sebagai salah satu cara untuk menimbulkan rasa memiliki perusahaan. 

3. Melakukan rotasi jenis pekerjaan dalam bidang atau divisi yang sama secara periodik.Mengadakan acara rekreasi secara rutin, misalnya setiap tiga bulan untuk satu atau beberapa divisi, dan setiap tahun untuk acara bersama. 

4. Mengawasi dan menjaga secara ketat, tipikal karyawan yang dapat mengganggu kinerja atau  produktivitas kerja, misalnya karyawan yang memiliki bisnis sendiri pada saat jam kerja. 

5. Memberitahukan kemajuan dan perkembangan perusahaan, mensosialisasikan target-target perusahaan yang sudah dan belum terpenuhi, sehingga karyawan merasa dihargai dan dilibatkan.

Menjaga dan meningkatkan semangat kerja karyawan, jelas bukan pekerjaan yang mudah, namun hal ini adalah salah satu sisi yang menarik dari dunia kewirausahaan, tantangan tersendiri yang harus bisa diatasi sebagai seorang pemimpin atau manajer, demi kelancaran dan kesuksesan bisnis.

 

Sumber/foto : bintang.com/advancingyourpotential.com