Meningkatkan Engagement Karyawan dengan Mengaplikasikan Gratitude

Performance Management

Perusahaan selalu mencari cara agar karyawan engaged (betah bekerja) dengan perusahaan. Untuk itu berbagai macam hal dilakukan untuk meningkatkan engagement karyawan. Salah satu yang dapat diterapkan, adalah dengan menciptakan lingkungan yang menyenangkan. Seperti yang diungkapkan Scott Friedman, seorang pakar manajemen dan motivator asal Amerika  menyebutkan bahwa lingkungan yang menyenangkan dapat meningkatkan engagement karyawan. 

Scott mengambil rumusan dalam melakukan transformasi organisasi agar lingkungan kerja lebih menyenangkan dan  karyawan terbebas dari stres melalui gratitude, karena pada dasarnya ini   merupakan perasaan, emosi, atau attitude terhadap apa yang sudah kita miliki. Menurutnya dengan cara mengaplikasikan gratitude ke dalam organisasi melalui usaha menghargai peran karyawan. Ini bisa dilakukan dengan cara menularkan rasa bersyukur dengan mengajak karyawan membuat jurnal yang berisikan rasa terima kasih atas apa yang ia punya. Jika karyawan merasa bersyukur atas apa yang telah dimiliki, ia akan menjaganya lebih baik. Misalnya jabatan yang dimilikinya, saat dia bersyukur dia akan bertanggung jawab atas pekerjaannya di jabatan tersebut. 

Selain itu lakukanlah konsep pla, artinya jangan terlalu kaku menghadapi pekerjaan yang akhirnya membuat karyawan tertekan. Ajak karyawan untuk sedikit bersenang-senang guna melepaskan semua kecemasan, ketakutan, dan tekanan yang dihadapi. 

Menurut Scott dengan mengaktifkan tombol play, potensi kreatif dapat berkembang dan muncul ide ide yang segar. Bersenang- senang di tengah pekerjaan yang menumpuk juga dapat me-recharge tenaga untuk memprimakan energi. Surprise Lakukanlah hal-hal yang di luar dugaan kepada karyawan. Organisasi bertugas untuk menciptakan dunia yang sempurna dan baik bagi karyawannya dan juga bagi customer internal dan eksternal. 

Salah satu saran yang diungkapkan Scott dalam memberikan surprise, kepada karyawan adalah dengan mencari tahu kepada orang terdekatnya, hal apa yang paling disukai oleh karyawan. Melalui surprise, karyawan merasa spesial dan dihargai. 

Sumber/foto : sacorporatechaplains.co.za/hrreview.co.uk