Promosi Jabatan sebagai Motivasi Kerja Karyawan.

Training & Development

Dalam sebuah perusahaan motivasi kerja sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivita, namun demikian terkadang motivasi kerja bisa mengalami pasang surut atau bahkan malah menghilang begitu saja. 

Banyak faktor yang bisa meningkatkan motivasi kerja karyawan, salah satunya adalah dengan memberikan promosi jabatan apabila bisa mengerjakan sebuah target yang diinginkan perusahaan. Sehingga dengan adanya promosi tersebut diharapkan akan mampu mendongkrak motivasi kerja mereka. 

Promosi bagi sebagian karyawan merupakan salah satu bukti bahwa mereka memiliki kinerja yang bagus, sehingga para karyawan selalu menantikan hal ini setiap bekerja. Ada tiga hal yang sangat disukai oleh karyawan agar terus bisa memotivasi diri dalam bekerja. 

Pertama adalah gaji yang besar, kemudian kenyamanan dalam bekerja dan terakhir adalah promosi jabatan. Promosi jabatan tidaklah semudah yang kita bayangkan, apalagi jika kita bekerja pada sebuah perusahaan besar. Sangatlah sulit untuk mendapatkan posisi yang memang benar-benar diinginkan. 

Karyawan dituntut untuk selalu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang luas, namun perusahaan akan tetap mencari kandidat yang lebih unggul untuk menempati jabatan terbaik sesuai dengan kompetensinya. Bagi karyawan lama mereka akan terasa seperti disingkirkan, saat banyak karyawan baru yang memiliki pendidikan cukup baik menduduki jabatan yang seharusnya dimiliki oleh senior. 

Mengapa diperlukan adanya promosi jabatan ? Karyawan akan berusaha untuk memperbaiki kinerjanya, agar mereka bisa mendapatkan gaji besar dan bisa menduduki jabatan yang diinginkan. Hampir semua perusahaan selalu memberikan kesempatan bagi karyawannya, untuk menduduki jabatan yang mereka inginkan. Namun demikian untuk bisa mendudukinya masih diperlukan usaha dan kerja keras dalam melewati seleksi dan promosi. 

Selain itu promosi jabatan juga akan mendorong karyawan, untuk lebih aktif dan kreatif. Promosi jabatan memberikan peluang besar bagi siapa saja yang ingin berkarya di perusahaan, dan mendapatkan imbalan berupa jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya. 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan, untuk memberikan penghargaan kepada karyawannya yang memiliki kemampuan dan pengalaman untuk memimpin bidang yang ditentukan. Manajemen akan menunjuk seseorang atau beberapa orang, untuk dipromosikan agar bisa menduduki jabatan yang lebih baik dari sebelumnya. Promosi ini kadang juga digunakan untuk mempertahankan karyawan lama. (Manur) 

Sumber/foto : rajapresentasi.com/thebalance.com