Bekerja Cerdas Untuk Meningkatkan Performa Kerja

Organization Development

Dalam mencapai karir yang bagus, seorang tidak hanya dituntut kerja keras namun juga kerja cerdas. Ini pernah disampaikan oleh Belle Beth Cooper, pembuat konten di Buffer. Menurutnya bekerja cerdas bukanlah tentang mengalokasikan waktu lebih panjang untuk melakukan suatu pekerjaan, tetapi lebih pada upaya untuk menyeimbangkan seluruh lini kehidupan agar nantinya membawa dampak positif pada produktivitas. Sehingga hal itu dapat meningkatkan salah satunya pada performa kinerja kita.

Oleh karena itu perlu bagi kita untuk bekerja secara cerdas dibandingkan kerja keras, dan bekerja secara cerdas akaan dapat membuat performa kerja menanjak. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan di kantor, untuk meningkatkan kemampuan kerja cerdas :

1. Memanfaatkan Waktu Luang

April Masini, seoranga ahli di bidang karir dan hubungan, menyarankan agar kita menggunakan waktu luang untuk membangun koneksi setelah jam kerja. Ini bisa dilakukan untuk klien atau sesama rekan satu kantor, misalnya jika ada situasi yang memanas di kantor karena persaingan atau pun target yang menekan, kita bisa merencanakan acara bowling dengan rekan kerja. Dengan begitu kita bisa membuat orang lain melihat kemampuan kepemimpinan, yang nantinya akan berguna dalam mendapatkan "proyek" di luar pekerjaan. 

Selain itu mamanfaatkan waktu luang juga bisa digunakan untuk belajar atau terlibat dalam proyek-proyek lain. Bila memungkinkan terlibatlah bersama orang-orang, yang memiliki jabatan lebih tinggi agar kemampuan kita semakin diperhitungkan.

"Semakin banyak kita tahu tentang apa yang terjadi di perusahaan, semakin banyak arah yang akan dimiliki dalam menjalankan pekerjaan kita," kata Karen Miller, Vice President of the People Team di perusahaaan Seamless.

Menurutnya bagian ini mungkin memerlukan sedikit usaha ekstra, namun terlibat dalam proyek kelompok apalagi bila di sana ada juga para bos, akan mendongkrak kemungkinan  kita  lebih diperhitungkan untuk menapaki karir yang lebih tinggi.

2. Menunda Makan Siang

Mungkin sebagian dari kita pernah merasakan kantuk berat setelah makan siang. Hal ini bisa dihindari dengan kita memundurkan waktu makan siang, ataupun dengan memilih makanan yang memiliki kadar gula atau kalori yang lebih sedikit.Namun bila Anda menggunakan makan siang sebagai cara menjalin relasi, maka tidak ada salahnya makan siang bersama rekan atau klien yang berpengaruh. Karena ini akan menjadikan pekerjaan dan karir Anda lebih baik.

3. Beradaptasi dengan Teknologi

Teknologi di era sekarang ini sangat diperlukan dalam pekerjaan. Dengan memanfaatkan teknologi tentu akan membantu kita menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien.

Robert King, pendiri EntelliPROJ Consulting menyarankan kita untuk lebih beradaptasi dengan teknologi dalam bekerja. Sebagai orang yang bekerja cerdas, kita harus menggunakan alat, teknologi, program atau aplikasi terbaik yang membuat kerja lebih mudah, cepat dan hasilnya akan lebih bagus.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Ternyata  terlalu menikmati zona nyaman akan membuat kita menjadi orang yang pemalas dan menurunkan kreativitas. Maka untuk mendapatkan kerja yang lebih baik, terkadang peru bagi kita untuk keluar dari zona nyaman dan memberi tantangan pada diri sendiri. Tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru atau berkenalan dengan orang-orang baru, yang mungkin bisa memberi ide atau pelajaran.(Artiah)

 

Sumber/foto: kompas.com/quickbase.com