PT KAI Membutuhkan Calon Karyawan Baru

Recruit & Selection

Guna mengisi  Sumber Daya Manusia  (SDM) di bidang transportasi kereta, maka PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka rekrutmen eksternal tingkat SMA dan sederajat. Penyataan ini disampaikan oleh Suprapto, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta,  dalam sebuah keterangan pers pada Rabu (19/7) di Jakarta.

"KAI kembali memberikan kesempatan kepada putra - putri terbaik Indonesia, untuk berkarir di perusahaan ini," demikian jelasnya.

Untuk pengumuman pelaksanaan rekrutmen akan ditulis dalam situs resmi PT KAI pada 24 Juli 2017. Para calon pelamar dapat langsung mengajukan lamaran terhitung mulai tanggal 24 hingga 30 Juli 2017. Namun mulai 20 Juli 2017 para calon pelamar sudah dapat melakukan registrasi, dan mengunggah berkas persyaratan umum lamaran dengan mengakses situs resmi KAI www.recruitment.kai.id  Dalam perekrutan ini PT KAI tidak pernah memungut biaya apapun.

"Bagi para pelamar dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak, yang menjanjikan dapat membantu meluluskan rekrutmen. Selain itu PT KAI tidak menerima lamaran dalam bentuk surat menyurat," kata Suprapto.

Posisi yang dibutuhkan dalam rekrutmen eksternal ini antara lain, Calon Masinis, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), Pengawas Peron (PAP), Petugas Rumah Sinyal (PRS), Petugas Wesel (PJW), Petugas Langsir (PLR), Petugas Pemeliharaan Sintelis dan LAA, Petugas Pemeliharaan Sarana, serta Petugas Pemeliharaan Rel dan Jembatan.

Sementera untuk kualifikasi pendidikan pada setiap posisi yang ditawarkan adalah, Calon Masinis SMA IPA / SMK (Listrik, Mesin, Otomotif), Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) SMA IPA, Petugas Rumah Sinyal (PRS) SMA IPA, Petugas Langsir (PLR) SMA IPA, Petugas Wesel (PJW) SMA, Pengawas Peron (PAP) SMA IPA, Pemeliharaan Sarana SMK (Listrik, Elektro, Mesin, Otomotif), Pemeliharaan Jalan Rel dan Jembatan SMA IPA/SMK Bangunan dan Pemeliharaan Sintelis SMA IPA/SMK (Listrik, Elektro, Elektronika, Mekatronika, Telekomunikasi, Tenaga Kelistrikan).

Untuk persyaratan secara umum pada rekrutmen eksternal ini yakni, warga negara Indonesia berjenis kelamin pria; sehat jasmani, rohani, dan tidak buta warna serta berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku; memiliki ijazah setingkat SLTA/Sederajat; NEM/UAN rata-rata serendahnya 6,0; usia serendah-rendahnya 18 tahun per 1 Agustus 2017 dan setinggi-tingginya 25 tahun per 1 Agustus 2017.

Memiliki tinggi badan untuk formasi calon masinis dan PPKA minimal 165 cm dengan berat badan ideal, untuk formasi PRS, PJW, PLR, dan PAP minimal 163 cm dengan berat badan ideal, untuk formasi tenaga pemeliharaan sarana, sintelis dan prasarana minimal 160 cm dengan berat badan ideal. Serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero); tidak terlibat narkoba atau psikotropika, tidak bertato, dan tidak bertindik; tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap: tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja PT KAI.

Selanjutnya tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin serta bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi dan lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panita recruitment PT KAI tahun 2017.

Peserta yang mengikuti perekrutan ini harus melalui lima tahapan seleksi agar bisa lolos bekerja di PT KAI. Lima tahapan itu antara lain, seleksi administrasi, seleksi kesehatan awal, seleksi psikologi, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir. Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan melalui situs pada 18 Agustus 2017.

 

Sumber/foto : tempo.co/dipomojosari.com