Menpan Setuju Penambahan 1.684 Calon Hakim pada 2017

Recruit & Selection

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memberikan persetujuan formasi untuk calon hakim yang sudah secara prinsip sebanyak 1.684 pada tahun 2017. Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja pada Sabtu (10/6) di Jakarta.

 “Artinya calon hakim yang dapat diterima oleh Mahkamah Agung tahun ini jumlahnya 1.684 orang,” ujar 

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi pemberitaan sejumlah media, terkait pernyataan pejabat dari Mahkamah Agung tentang perlunya merekrut calon hakim untuk tahun 2017 ini. Dalam pemberitaan disebutkan bahwa pihak MA belum mendapat kepastian terkait jumlah formasi calon hakim yang bisa direkrut.

Disebutkan pula, persetujuan prinsip formasi tersebut telah diberikan sejak bulan Maret 2017, namun demikian rinciannya dari MA baru disampaikan ke Kementerian PANRB beberapa hari yang lalu.

“MA baru menyerahkan rincian formasi tempat penugasan untuk empat jenis jabatan hakim yang akan diterima tersebut ke Kementerian PANRB pada tanggal 8 Juni 2017,” ungkap Setiawan.

Dengan begitu, seharusnya tidak perlu lagi ada keraguan. Setelah rincian formasi masuk, tinggal melakukan persiapan lanjutan perekrutan calon hakim sesuai ketentuan. Untuk memfasilitasi teknis pendaftaran calon hakim tersebut, Kementerian PANRB telah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Jadwalnya direncanakan minggu kedua bulan Juli 2017,” ujarnya.(Faizal)

 

Sumber/foto: suaramerdeka.com/korpri.online