Begini Caranya Supaya Bisa Diterima sebagai Karyawan Magang

Recruit & Selection

Magang merupakan sebuah kesempatan untuk merasakan dunia kerja. Itulah sebabnya ketika kita magang bisa menunjukkan inisiatif yang tinggi dan bisa diajak bekerja sama sehingga ilmu yang kita peroleh di dunia perkuliahan bisa berguna, bahkan tidak tertutup kemungkinan setelah lulus kuliah kita bisa bekerja di tempat magang yang dulu.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kita mencari tempat magang sesuai dengan impian tempat kita bekerja nanti, ada beberapa tips agar kesempatan itu terbuka seperti yang dikutip dari kompas.com pada Senin (12/6). Diantaranya adalah : 

1. Kirim ke banyak perusahaan

Kirimkan aplikasi magang ke beberapa perusahaan, kalau bisa lebih dari 5 perusahaan agar peluang mendapatkan tempat yang terbaik makin besar.

2. Tak Harus Sektor Profit

Untuk memperluas pengalaman, cobalah melakukan magang di organisasi nonprofit (NGO).  Di Indonesia, jumlah organisasi non-profit tak sedikit. Mereka bergerak di bidang kemanusiaan, sosial, kesehatan, dan lingkungan.

3. Kreatif

Kita harus memiliki kreativitas dan berpikir bahwa kemampuan  bisa berkaitan dengan pekerjaan di perusahaan mana pun. Misalnya saja, jika kuliah jurusan akuntansi, kita bisa saja melakukan magang di perusahaan akuntan, bidang kesehatan, atau bahkan di perusahaan otomotif untuk melakukan pekerjaan terkait akuntansi.

4. Memperluas Jaringan

Gunakan jaringan yang dimiliki, seperti keluarga, teman, tetangga, bahkan profesor di kampus. “Kita tidak pernah tahu siapa yang membantu dalam proses menghubungkan ke tempat magang,” kata Executive Director of the Career Center di Hofstra University, Michelle Kyriakides.

5. Think small

Di perusahaan besar, kita mungkin satu dari 30—bahkan 300 orang peserta magang. Hal ini sedikit berbeda jika kita berada di perusahaan kecil, karena bisa jadi satu-satunya peserta magang di sana. Kesempatan untuk mendapat ilmu, supervisi, pelatihan dan interaksi dengan karyawan akan lain lebih besar.

6. Gunakan Media Sosial

Gunakan tagar #Intern #Internship #Interns dan #SummerInternship di Twitter dan Instagram. Jangan lupa untuk unggah ke Linkedin. “Biarkan semua orang tahu kita masih mencari tempat magang. Karena kita tidak pernah tahu siapa jaringan profesional yang juga terkoneksi dengan media sosial,” kata CEO InternQueen.com, Lauren Berger.

7. Mengenali Kemampuan Diri Sendiri

Persiapkan diri untuk menceritakan kemampuan  dalam 60 detik.  Kunjungi career center di universitas. “Pegawai (career center) mungkin bisa memberitahukan perusahaan mana yang masih merekrut (magang),” kata Steinfeld.

8. Menjadi rRlawan

Selain mengasah kemampuan dan pengalaman yang berbeda, kita juga melakukan kebaikan, saat memilih untuk menjadi relawan dalam sebuah aksi sosial atau komunitas tertentu.(Manur)

 

Sumber/foto : kompas.com/unomaha.edu