Generasi Millenial dan Cara Belajar

Human Capital

Diperkirakan pada 2030, sebanyak 70 persen penduduk usia produktif di negeri ini mayoritas generasi milenial. Jika dilihat dari jumlah populasi penduduk negara-negara kawasan ASEAN, Indonesia menjadi kunci jumlah penduduk produktif terbanyak. Dari 10 negara di kawasan regional tersebut, diperkirakan jumlah penduduknya mencapal 625 juta dan 23 persennya adalah generasi milenial dari Indonesia.

Perkembangan teknologi memengaruhi bagaimana generasi ini  belajar atau mendapatkan sebuah informasi. Nilai-nilai generasi milemal menitlkberatkan kepada pada jaminan, kesederhanaan. efsiensi. dan kemanusiaan. Mereka juga ingin mengintegrasikan waktu kerja dan waktu luang mereka. Teknik-teknik belajar dengan cara yang dianggap lebih praktis menjadi salah satu karakter generasi lnl. Beberapa di antara pertama adalah leblh memillh memotret materi daripada mencatatnya. Ya, catatan yang ada di papan tulis atau materi presentasi yang ada di layar slide sering kall tidak dicatat ulang, tetapi difoto menggunakan smartphone atau tmggal meminta softcopyan dari materi yang disajikan. 

Kedua, diskusi via chatting apps. Jlka dulu diskusi kelompok atau kerja kelompok sering dilakukan tatap rnuka, kini lebih mudah dilakukan via chatting. Ketlka ada kebutuhan yang lebih mendesak, baru saling bertemu tatap muka. Tugas kelompok pun lebih mudah dikirim dan dlsatukan via e-mail. 

Ketiga, bertanya ke blowse jika ada informasi yang tidak jelas atau belum jelas, biasanya generasi ini mengecek atau bertanya terlebih dahulu ke browser. Dari sini tinggal masukan kata kunci yang dapat mencari hal yang dimaksud. Segala bentuk materi bisa ditemukan baik dari nasional maupun internasional, mulai dari artikeI berita, blog, jurnal. atau situs web-situs web yang berhubungan dengan pertanyaan yang dituju atau informasi yang ingin didapat. 

Keempat, menonton tutorial. Ya. semenjak kehadiran Youtube banyak orang yang saling berbagai melalu saluran video ini. Banyak hal yang dibagi. salah satu di antaranya tutorial tentang suatu hal, misal makeup, do it yourself, masak, bahkan kini ada cara benama webinar, di mana orang-orang yang pertu class-in untuk beiajar, tetapi melalui streaming video. di mana pun kita berada selama ada sinyal internet maka dapat mengaksesnya. 

Uniknya iuga, Yoris Sebastian dalam bukunya Generasi Langgas memberikan kenyataan bahwa generasi milenial akan mencari sesuatu yang baru, jika pekerjaan yang ada saat ini dianggap terlalu monoton. Mereka bukan tidak loyal, tetapi memilih hal-hal yang memang perlu disetiakan. Generasi milenial adalah generasi yang berani mencari hal baru. 

 

Sumber/foto : Harian Kompas (21/8)/hrreview.co.uk