Buku-buku Inilah yang Mengilhami Elon Musk Menjadi CEO Sukses

Entrepreneurs

Elon Musk adalah salah satu pengusaha terbesar yang pernah ada di dunia saat ini, dirinya terkenal karena berbagai idenya dalam bidang teknologi. Mulai dari kesuksesannya membuat mobil listrik Tesla, hingga kepada keberhasilannya membuat perusahaan swasta untuk kegiatan eksplorasi angkasa luar yang bernama SpaceX.

Elon Musk pernah kuliah di Stanford University guna meraih gelar PhD Fisika, namun kemudian tidak menyelesaikan kuliahnya karena hal itu tidak sesuai untuknya. Bagi sebagian besar orang yang mengenalnya Elon Musk bukan hanya orang yang paling cerdas, tapi juga pekerja keras yang gigih.

Ketika ditanya tentang bagaimana ia telah belajar membangun roket. Dia memiliki jawaban yang sederhana: "Saya membaca buku".

Di rak bukunya ada 12 buku favorit yang telah membentuk karakter dan membuatnya terbuka  terhadap semua ide baru yang revolusioner. Sebagian besar buku yang dimilikinya adalah tentang fiksi ilmiah dan novel fantasi. Berikut adalah sebagian dari buku yang mempengaruhi Elon Musk, menginspirasi dirinya saat kecil dan memberikannya banyak ide sebagai orang yang sukses.

1. The Lord of the Rings dari  J.R.R. Tolkien

Selama masa kecilnya di Afrika Selatan, Musk sering merasakan kesepian dan untuk mengatasi dirinya sering membaca buku fiksi ilmiah dan fantasi. Buku-buku tersebut banyak memengaruhinya dalam membentuk setiap pemikiran dan ide yang dimiliki hingga saat ini.

2.. The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy dari Douglas Adams

Dalam sebuah wawancara dengan media dari Jerman, dirinya mengungkapkan bahwa pada usia 12 dan 15 tahun pernah mengalami krisis pencarian jaati ddiri. Namun kemudian menemukannya saat membaca buku tersebut pada suatu ketika.

3. Benjamin Franklin : An American Life karangan Walter Isaacson

Musk sangat terinspirasi oleh Benjamin Franklin, karena menurutnya sangat mirip dengan keadaan dirinya saat tinggal di Afrika Selatan, lantas bersekolah di Kanada dan kemudian meelanjutkan studi ke Standford University hingga akhirnya bekerja di Silicon Valley.

4. Einstein: His Life and Universe oleh Walter Isaacson

Musk banyak belajar dari biografi Einstein. Melalui bacaannya tersebut Elon terinspirasi oleh seorang jenius yang mengubah dunia melalui kecerdasan dan ambisinya dengan cara yang sama seperti yang dia lakukan.

5. Structures: Or Why Things Don’t Fall Down karangan J.E. Gordon

Buku ini telah banyak membantunya saat dirinya pertama kali meluncurkan Space X, terutaama mengenai dasar-dasar yang dia butuhkan untuk memahami ilmu tentang roket. Ini semua dilakukannya secara otodidak dan dengan bantuan sebuah buku.

6. Ignition!: An Informal History of Liquid Rocket Propellants oleh John D. Clark

Sebuah buku panduan terbaik yang dimilikinya dan banyak membahas beragam detil tehnis mengenai roket dan bahan bakarnya. Bahkan juga membahas beragam aspek mengenai roket, termasuk di dalamnya pengaruh politik dalam teknologi roket.

 7. Superintelligence: Paths, Dangers, Strategies karangan Nick Bostrom

Dalam buku karangan Nick Bostrom tersebut banyaak menjelaskan aspek dan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi, apabila artificial intelligence (AI) melampaui pemikiran manusia.  Hal inilah yang mendasarinya ketika suatu ketika Elon Musk mengupload status di Twitternya tentang AI yang berisikan kalimat, “We need to be careful with  artificial intelligence”

8. Zero to One: Notes on Startups, or How to Build the Future oleh Peter Thiel

Buku ini merupkaan buku panduan praktiss Elon Musk saat mulai merintis bisnisnya, dan juga membimbingnya menjadi pengusaha sukses dalam membentuk masa depan. 

9. Howard Hughes: His Life and Madness, karangan Donald L. Barlett and James B. Steele

Sebuah buku biografi tentang pengusaha eksentrik Howard Hughes di bidang film dan penerbangan, (mungkin) inilah yang memberikannya ide untuk memiliki ide kreratif dan berani mewujudkannya hingga melampaui batas imajinasi manusia.

10. Merchants of Doubt oleh Naomi Orestes and Erik M. Conway 

Elon Musk sering merekomendasikan buku ini pada 2013 kepada banyak orang, dan kepada mereka dirinya berkata bahwa Merchants of Doubt akan mengajarkan kepada banyak orang yang menyangkal akibat negatif dari merokok sama dengan menolak teori pemanassan global yang berdampak buruk bagi bumi.

11. The Foundation Trilogy oleh Isaac Asimov

Inilah salah satu buku yang banyak mengilhami dirinya atas penjelajahan luar angkasa sejak dirinya masih remaja. Buku tersebut mengajarkan kepadanya bahwa setiap kebudayaan ataupun peradaban selalu melewati pola siklus tertentu dan akan selalu berulang, mulai dari saat tumbuhnya peradaban Babylonia hingga perkembangan kebudayaan Tiongkok dan Romawi yang mempengaruhi kehidupan manusia hingga sekarang. 

"Pada saat ini kita mengalami perkembangan pesat ilmu pengetahuan, namun ada kemungkinan peradaban akan mengalami kemunduran atau kepunahan. Untuk itu kita harus mengkaji kemungkinan hidup di planet lain, dan kita harus bisa bijaksana dalam mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan umat manusia," katanya.

12. The Moon Is a Harsh Mistress karangan Robert Heinlein

Buku terbitan 1966 ini pernah memenangkan penghargaan novel fiksi ilmiah terbaik dan banyak menggambarkan keadaan dunia pada masa depan. Hal tersebut tentunya sangat sesuai dengan imajinasi dan fantasi yang dimiliki oleh Elon Musk.

 

Sumber/foto : lifehacks.org