Enam Langkah Tepat untuk Menjadi Pengusaha UMKM Sukses

Entrepreneurs

Pada beberapa tahun terakhir pemerintah banyak memberikan dorongan, bagi kemajuan perekonomian yang berbasis pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya dengan  memberikan kemudahan untuk memperoleh modal usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Lahirnya para pengusaha baru tersebut, diharapkan bisa memajukan perekonomian Indonesia.

Namun demikian tidak semua UMKM berhasil dalam menjalankan usahanya, sebagian dari mereka mengalami kegagalan dan bahkan berhenti di tengah jalan. Agar bisa sukses memulai bisnis UMKM menurut sebuah artikel Swara Tunaiku, setiaknya ada 6 tips yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah : 

1.Memilih Jenis UMKM yang Sesuai Dengan Minat dan Kemampuan

Pengusaha yang memulai usahanya karena memiliki kemampuan dan minat, akan lebih mudah menghadapi beragam masalah. Karena setidaknya mereka memiliki pengetahuan yang memadai tentang apa yang menjadi lahan bisnisnya. Misalnya jika kita memiliki hobi di bidang pertanian, maka setidaknya akan bisa memiliki peluang bisnis pada budidaya dayuran ataupun tanaman pangan. Atau mungkin dapat juga dengan merintis bisnis rumah makan organik.

2. Jeli Menyusun Rencana Bisnis

Dalam merintis sebuah usaha diperlukan rencana bisnis yang baik, dan ini akan bisa memberikan panduan secara tepat kemana tujuan UMKM kita. Dengan demikian semua keputusan bisnis yang dipilih akan terukur, sehingga  kita bisa menghindari risiko mengambil keputusan asal-asalan. Bahkan juga dapat memprediksikan masalah yang mungkin dapat timbul, beserta kemungkinan penyelesaiannya.

3. Siapkan Strategic Plan dan SOP yang Pasti

Jika ingin memiliki pola kerja yang tak asal-asalan dan konsisten, kita wajib memiliki pedoman yang mendetail berupa Standard Operating Procedure (SOP). Dengan adanya SOP tersebut kita dapat memiliki panduan dalam bertindak secara tepat saat sedang mengalami masalah, ataupun saat akan memperluas bidang usaha. Seperti ketika menghadapi masa krisis dengan klien ataupun karyawan sendiri, bahkan saat menghadapi persaingan dengan kompetitor lainnya. Strategic plan ini biasanya memuat beragam strategi untuk mengatasi beragam kendala bisnis yang ada.

4.Membangun Relasi Bisnis

Menggeluti bisnis UMKM kian seru jika kita memiliki relasi bisnis yang terpercaya. Relasi bisnis bisa menjadi tempat rujukan untuk bertukar pikiran. Dengan demikian saat menghadapi masalah, kita memiliki teman untuk bertukar pikiran dan mencari solusi. Selain itu relasi bisnis bisa menjadi jalan untuk pemasaran produk. Dengan bantuan mereka kita bisa mencari supplier terpercaya, melebarkan bisnis, hingga mendapatkan konsumen baru.

5. Promosi di Sosial Media

Makin banyaknya sosial media yang ditawarkan bisa menjadi media promosi yang menguntungkan. Kita juga bisa memanfaatkan Twitter, Instagram, dan Facebook untuk mempromosikan produk. Selain itu bisa makin mendekatkan diri dengan konsumen, sehingga kita memiliki akses untuk mendengarkan segala kritik dan saran dari pelanggan langsung.

6. Mencari Pinjaman Modal Usaha

Mencari pinjaman untuk modal usaha bisa menjadi langkah selanjutnya, ketika bisnis tengah berjalan. Kondisi stagnan akan menjadi ancaman tak terbantahkan, jika tak memiliki cukup banyak modal. Ini antara lain bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan yang ada, baik itu relasi ataupun konsumen kita.(Manur)

 

Sumber/foto : swaratunaiku.com/netralnews.com