Faktor Penunjang Keberhasilan Usaha Online agar Sukses

Entrepreneurs

Setiap orang yang merintis bisnis online tentunya selalu ingin agar usahanya selaalu laris manis. Namun demikian pada kenyataannya tidak semua bisnis online, bisa langsung sukses pada awal-awal pembuatannya. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Hal tersebut terungkap dalam sebuah  workshop yang bertemakan Online Business 101 - How to Build and Grow your Online Business pada minggu lalu di Galeri Indonesia WOW, Pancoran, Jakarta Selatan dalam rangkaian acara Jakarta Great Online Sale 2017. 

Setidaknya ada enam faktor yang harus dimiliki oleh setiap perintis usaha online agar usahanya berhasil, diantaranya adalah :

1. Pilih jenis campaign yang tepat.

 Ada banyak jenis iklan dalam dunia digital, seperti iklan baris, iklan video dan gambar. Namun, tidak semua iklan harus kalian ikuti. Pilihlah campaign yang sesuai dengan tujuan agar bisa sampai kepada orang-orang yang tepat.

2. Target audience yang tepat.

 Jika kamu menjual produk fashion, langkah pertama adalah targetkan pasar produknya, apakah untuk remaja, anak atau orang dewasa. Mempunyai target audience yang jelas dan tepat bisa memfokuskan kamu untuk berkembang dan nantinya iklan yang kamu buat bisa sampai pada target audience yang terpilih. Kesesuaian produk dan target audience terkadang menjadi hal yang terlupakan, padahal ini sangat penting karena audience yang tepat akan tertarik  dengan produk yang ditawarkan.

3. Kreatif

Ada banyak cara untuk menjadi penjual yang kreatif. Di dalam bisnis online, kreativitas dilakukan bukan hanya dalam membuat produk saja, tetapi juga bagaimana mengemasnya dan diperlihatkan kepada dunia melalui jaringan online. Kreativitas yang kamu punya bisa diaplikasikan pada foto atau juga tulisan yang akan kamu unggah. Dalam survey yang dilakukan oleh Facebook, foto dan tulisan yang menarik akan membuat seseorang berhenti scrolling dan melihat produk tersebut. Menarik bukan?

4. Nama Produk

Menjual lewat dunia digital biasanya menggunakan hastag atau caption tertentu. Hal ini harus diperhatikan ketika kamu menjual produk. Misalnya kamu akan menjual kerupuk tetapi banyak orang diluar sana mencari dan menyebutnya dengan sebutan krupuk. Perbedaan yang sedikit namun bisa membuat produk kamu terlewatkan.

5. Permainan kata

Membuat tulisan yang menarik perhatian banyak orang mengenai produk kamu memang bukan hal mudah. Tetapi dalam hal ini, berusahalah memposisikan diri kamu sebagai pembeli. Pilihlah rangkaian kata yang menurut kamu akan menarik pembeli mengintip produk apa yang kamu jual.

6.Timing sangat menentukan

Mengunggah foto produk kamu tidak bisa sembarangan waktu. Ada jam-jam krusial saat seseorang membuka gadget-nya. Menurut survei yang dilakukan oleh LINE Indonesia, pada jam 11:00 dan 18:00, banyak orang memiliki kesempatan untuk membuka gadget dan media sosialnya. Maka, cobalah unggah pada jam tersebut agar awareness produk kamu lebih tinggi. (Manur)

 

Sumber/foto : rappler.com/inclovermag.com