Pentingnya Pengenalan Coding Skill bagi Anak

Education

Pada masa perkembangan era digital seperti saat ini, pengetahuan  teknologi menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Bukan tanpa sebab, di masa kehidupan yang semakin maju, menjadi hal yang mungkin terjadi  jika masyarakat hidup penuh dengan mengandalkan kecanggihan teknologi.

Mempelajari teknologi tersebut, ternyata tidak hanya sekadar pengetahuan saja, tetapi masyaraka tpun harus handal mengaplikasikannya. Mengingat bahwa memiliki keahlian di bidang teknologi pun akan berpengaruh dan berguna baik bagi mencari pekerjaan maupun modal ke masa depan.

Tentu dalam teknologi tersebut, terdapat beberapa macam keahlian yang bisa dipelajari. Termasuk salah satunya kemapuan dalam pemrograman, seperti coding.

Menurut sebuah artikel yang dimuat media nasional Selasa (19/9) menyebutkan, bahwa kemampuan coding diyakini menjadi salah satu skill yang perlu dikuasai generasi digital selain membaca, menulis dan berhitung.  Coding juga dinilai membantu anak memecahkan masalah dan mendukung karier ketika dewasa kelak. Hal itu disampaikan oleh Budi Chang Direktur EKTIZO Coding di Jakarta.

“jadi pada saat sekarang ini, coding penting untuk dipelajari.  Serta semakin banyak orang tua yang mempercayakan pembelajaran coding anak mereka, kepada lembaga-lembaga pelatihan coding seperti EKTIZO Coding. Bukan Cuma itu aja, pelatihan coding juga dianggap menyenangkan bagi anak-anak. Mereka melihat pendidikan coding sebagai hal yang keren. Itu bisa dilihat dari  hasil penelitian Microsoft terhadap 1,850 siswa di bawah 24 tahun di 8 negara Asia Pasifik termasuk Indonesia,”  demikian jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan pula  untuk coding sendiri sebenarnya kegiatan memprogram komputer, melalui penyusunan instruksi-instruksi dengan bahasa pemrograman.  Menurutnya skill coding seperti ini bisa diajarkan sejak dini.

Umumnya coding diperkenalkan melalui permainan untuk anak-anak usia dini. Bagi anak-anak SD yang sudah bisa membaca, bisa diperkenalkan aplikasi yang didesain untuk mengasah logika. Saat ini tersedia banyak aplikasi dan referensi bagi guru dan orangtua, untuk mengajarkan logika dan dasar coding kepada anak-anak.

Para pendidik dan praktisi teknologi mengatakan bahwa kemampuan coding dipandang akan membantu dalam memecahkan berbagai masalah, mendukung pekerjaan, hingga karier mereka nantinya. Coding juga jawaban dalam menyelesaikan masalah dengan menggabungkan semua pengetahuan yang dimiliki..

“Selain itu, coding bagi pemula juga dipandang tidak sulit karena sudah tersedia banyak toolsnya. Hanya tinggal mengajari dan membimbing mereka, maka coding pun dapat menjadi bagian dalam keseharian anak-anak”,  tutupnya.(Artiah)

 

 

Sumber/foto : sindonews.com/ektizo.com