Perusahaan Ini Bersedia Mengganti Biaya Kuliah Karyawannya

Education

Ketika para calon karyawan mencari pekerjaan, hal utama yang dipertimbangkan adalah gaji. Namun demikian biasanya perusahaan juga menawarkan manfaat (benefit), seperti asuransi kesehatan hingga uang transport. Ini akan dapat menjadi faktor penentu seseorang dalam memilih tempat dia bekerja.   Demikian dijelaskan oleh Madeleine Burry, dalam sebuah artikelnya di laman thebalance.com.

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa perusahaan lain, yang menawarkan penggantian biaya uang kuliah sebagai bagian dari paket manfaat (benefit).  Namun pada umumnya karyawan harus membayar terlebih dahulu biaya kuliah pendidikan lebih lanjut yang diikuti nya dan setelah selesai, maka perusahaan akan  mengganti uang yang telah dikeluarkan.

Mengapa pengusaha menawarkan penggantian biaya kuliah ?  Tentu ada alasan tertentu mengapa ada perusahaan yang mau mengganti uang kuliah.  Seperti manfaat (benefit) yang lain, penggantian biaya kuliah dapat menarik seseorang untuk bergabung ke perusahaan.  Calon karyawan yang tertarik soal beasiswa dari perusahaan umumnya adalah mereka yang memang memiliki rencana meningkatkan  tingkat pendidikannya.   Selain itu, kursus-kursus yang relevan dengan  tugas dalam pekerjaan di kantor juga sering dibiayai kantor.  Rata-rata penggantian biaya kuliah per karyawan di perusahaan-perusahaan di AS dapat mencapai  $ 5 250  per tahun.

Bagaimana Penggantian Biaya Kuliah Dapat Dilaksanakan

Implementasi program ini berbeda-beda antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain.  Beberapa perusahaan mengganti biaya kuliah di kelas, ada juga perusahaan yang mensyaratkan bahwa kuliah dilakukan di suatu sekolah tertentu, tetapi ada juga perusahaan yang mau mengganti biaya kuliah  hanya pada kelas tertentu.   Ada juga perusahaan yang mengganti uang kuliah, pembelian buku bahkan biaya sambungan internet.

Tentu saja tidak ada barang gratis di dunia ini, umumnya perusahaan yang mengganti biaya pendidikan juga mewajibkan karyawan untuk memenuhi persyaratan, misalnya setelah lulus harus bekerja di perusahaan minimal sekian tahun.   Dalam jangka waktu itu, karyawan tidak dapat berulah dengan mencari kerja di tempat lain.  Ada juga yang mensyaratkan kualitas tingkat pendidikannya, misalnya program S3.  

Perusahaan-perusahaan di AS yang Mengganti Uang Kuliah

Mulai dari perusahaan makanan cepat saji, telekomunikasi hingga bank, inilah beberapa perusahaan di AS yang memberikan penggantian uang kuliah.   Barangkali perusahaan-perusahaan di Indonesia juga dapat mencontoh, mengingat katanya karyawan telah dianggap sebagai human capital.

1. Starbucks: Semua karyawan kedai kopi ini yang berlokasi di AS mendapat penggantian biaya kuliah secara penuh, khususnya yang mengambil program tingkat sarjana (bachelor's degree). Tapi ada syarat dan ketentuannya: Para karyawan yang ingin kuliah hanya dapat melakukannya melalui kuliah jarak jauh/online program di  Arizona State University.  Jika ingin mendapat informasi lebih rinci silakan cari di internet, ketik: tuition reimbursement program at Starbucks.

2. Chipotle: Baik karyawan tetap maupun karyawan kontrak di perusahaan makanan cepat saji ini berhak mendapatkan penggantian uang kuliah. Manfaat ini diberikan oleh  Chipotle bekerjasama dengan Guild Education, yang menawarkan kelas online, program pendidikan dan gelar dari berbagai universitas yang lain. Karyawan dapat bekerja sambil mencari gelar baik tingkat sarjana maupun pasca sarjana, tapi penggantian yang diberikan hanya sampai dengan $ 5 250  per tahunnya.  Untuk rinciannya silakan ketik  Chipotle’s benefit package.  

3. UPS: Karyawan paruh waktu  UPS yang menangani bagian pengepakan dapat berkesempatan memperebutkan – tentu saja tidak semua karyawan akan mendapatkan, dana  Earn and Learn Program, yang disediakan oleh perusahaan.  Tersedia dana sebesar  $ 25 000  per tahunnya dan nilai yang diganti paling tinggi adalah  $  5 250 per tahun.  Menurut situs web perusahaan karyawan yang boleh bersaing mendapat penggantian adalah termasuk karyawan baru.

Selain itu juga masih ada program-program bantuan lain yang bersangkut-paut dengan pendidikan, yang disediakan oleh perusahaan 

4. Walmart:  Seperti halnya Starbucks, Walmart bekerjasama dengan institusi pendidikan American Public University sebagai bagian dari program bantuan pendidikan.  Baik karyawan paroh waktu maupun karyawan tetap Walmart dan Sam's Club yang merupakan kelompok usaha, akan mendapat penggantian biaya kuliah hingga 15 persen dari jumlah total biaya yang dikeluarkan.   Tidak hanya karyawan, bahkan juga anggota keluarga karyawan.   Karyawan berijasah SMA  dapat mengambil beasiswa ini sejak pertama kali bekerja.  Silakan cari infonya di  Walmart’s Lifelong Learning Program.

5. Home Depot: Penggantian uang kuliah dari perusahaan Home Depot bervariasi tergantung pada statusnya sebagai karyawan – bagi karyawan tetap dapat penggantian hingga  $ 5 000 per tahun, sementara karyawan kontrak penuh waktu akan mendapat penggantian hingga  $ 3 000 dan pekerja paruh waktu mendapat penggantian hingga  $ 1 500.

 6. Verizon: Semua karyawan di perusahaan telekomunikasi raksasa Verizon berhak mendapat penggantian biaya kuliah hingga  $ 8 000  setiap tahunnya.  Tapi perusahaan ini mensyaratkan pilihan jurusan di bidang yang terkait dengan bisnis. 

7. Smucker's:  Perusahaan J.M. Smucker's membuat lebih dari sekadar selai, merek-mereknya termasuk nama besar seperti Folgers, Pillsbury, dan Meow Mix.  Perusahaan menawarkan hingga 100 persen penggantian biaya kuliah untuk kolese yang disetujui perusahaan.

8. Bank of America: Di bank  ini karyawan akan mendapat penggantian hingga  $ 5 250 untuk ikut kursus-kursus yang terkait dengan pekerjaan karyawan.  Lihat  di internet dan ketik Bank of America’s tuition reimbursement program.

9. AT&T: Sebagai bagian dari paket manfaat (benefits package),  AT&T menawarkan bantuan biaya kuliah tapi karyawan memang harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan dan besarnya harus disetujui oleh perusahaan.

10. Wells Fargo: Perusahaan bank ini memberikan penggantian biaya kuliah hingga  $ 5 000 per tahun.

11. Proctor & Gamble: Hingga  80 persen  biaya kuliah dan uang pangkal diganti P&G, perusahaan yang membuat berbagai jenis barang-barang konsumen dan rumahtangga.  Tetapi karyawan harus melaporkan rencana kuliahnya dan mendapat persetujuan dimuka, dan tersedia dana sebesar  $ 40 000 untuk itu.  Lihat learn more about P&G’s benefit.

12. JetBlue: Perusahaan penerbangan kelas atas ini memiliki program yang disebut  JetBlue Scholars — karyawan dapat melamar untuk mendaftar kuliah, dan begitu diterima, harus lapor ke perusahaan secara online. Agar dapat disetujui perusahaan, syaratnya karyawan harus sudah dua tahun bekerja di  JetBlue, dan pernah kuliah. Lihat JetBlue Scholars program. 

13. Anthem, Inc.: Karyawan di perusahaan asuransi kesehatan ini disediakan hingga $ 5 000 setahun untuk penggantian biaya kuliah dan buku-buku. Lihat Anthem’s career-development perks.  

14. BP: Di perusahaan minyak raksasa ini  ada banyak persyaratan untuk mendapat penggantian, tapi begitu disetujui perusahaan akan bermurah hati dengan mengganti hingga 90 persen dari biaya kuliah, uang pangkal dan buku.  Persyaratan lain, karyawan harus sudah dinyatakan diterima di bangku kuliah dengan menunjukkan tanda diterima di perguruan tinggi.  Lihat tuition reimbursement at BP.  

15. Ford Company: Perusahaan mobil ini memiliki program pendidikan  dengan menyediakan dana hingga  $ 6 000 per tahun dalam bentuk penggantian uang kuliah dan uang  pangkal yang sudah dibayar sebelumnya. (Eko W)   

Sumber/foto : thebalance.com/thebenefitcoordinators.com