PT.Pindad (Persero) Mengembangkan Bisnis dengan Budaya Perusahaan JBUS

Culture

PT Pindad (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia, dan memperkerjakan sekitar 3000 karyawan. 

PT Pindad (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia, dan memperkerjakan sekitar 3000 karyawan. 

Perusahaan ini pertama kali berdiri tahun 1808 Artillerie Constructie Winkel (ACW) di Surabaya. Bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik dan sesudah mengalami perubahan nama pengelola, kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923. Pemerintah Belanda pada tahun 1950 menyerahkan pabrik tersebut kepada Pemerintah Indonesia, kemudian pabrik tersebut diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT. Pindad sekarang ini. Sejak saat itu PT. Pindad berubah menjadi sebuah industri alat peralatan militer yang dikelola oleh Angkatan Darat. PT. Pindad berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan nama PT. Pindad (Persero) pada tanggal 29 April 1983, kemudian pada tahun 1989 perusahaan ini berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT. Pakarya Industri (Persero) dan kemudian berubah lagi namanya menjadi PT. Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero). Dalam menjalankan bisnisnya  PT.Pindad (Persero) memiliki visi  untuk  menjadi produsen peralatan pertahanan dan keamanan terkemuka di Asia pada tahun 2023, melalui upaya inovasi produk dan kemitraan strategik. Serta misi guna melaksanakan usaha terpadu di bidang peralatan pertahanan dan keamanan serta peralatan industrial untuk mendukung pembangunan nasional dan secara khusus untuk mendukung pertahanan dan keamanan negara. Sedangkan dalam pengoperasiannya perusahaan tersebut bertumpu pada budaya perusahaan sebagai berikut : JUJUR. Jujur dalam sikap, kata, dan tindakan, Bebas dari kepentingan (vested interest) dan Menjaga integritas di setiap aspek BELAJAR. Belajar tanpa henti, mengajari tanpa henti, Terus mengembangkan diri dan Melakukan perbaikan berkelanjutan UNGGUL. Menjaga keunggulan mutu, harga, waktu, Berdaya saing tinggi dan Mampu menjadi pemain global SELAMAT. Menjunjung tinggi aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan menjaga Lingkungan Hidup, Menaati hukum dan perundang-undangan dan Menjalankan prinsip Good Corporate Governance (GCG).(Anto)   Sumber/foto : pindad.com