Ini Bidang Industri yang Menerima Pekerja Magang bagi Fresh Graduate

News

Banyaknya gap antara lulusan baru dengan dunia kerja menjadi alasan pentingnya magang ketika masih duduk di bangku kuliah agar setelah lulus kuliah nanti bisa langsung bekerja tanpa perlu beradaptasi lebih lama lagi.Dilansir dari jobplanet, Jumat (1/9) setidaknya ada lima industri di Indonesia yang banyak menerima lowongan magang. Berikut uraiannya:

1.Industri teknologi informasi dan komunikasi

Industri ini mencakup persentase 29,10 persen. Perusahaan yang masukdalam kategori ini antara lain bergerak di bidang internet, keamanan jaringan, pengembangan sofware dan aplikasi, telekomunikasi, serta konsultasi TI, serta perusahaan rintisan (startup) digital.

2. Industri manufaktur

Industri manufaktur mencakup persentase 15,92 persen. Perusahaan yang  termasuk dalam industri manufaktur antara lain bergerak di bidang tekstil dan garmen, furnitur, kosmetika, kerajinan, perlengkapan rumah tangga, serta elektronik.

3. Industri ritel dan distribusi

Industri ini mencakup persentase 13,29 persen. Perusahaan yang termasuk dalam industri ritel dan distribusi antara lain bergerak di bidang perdagangan dan logistik, termasuk di dalamnya pertokoan, seperti minimarket, supermarket, serta hipermarket.

4. Industri perbankan dan keuangan

Industri ini mencakup persentase 10,73 persen. Perusahaan yang termasuk dalam industri perbankan dan keuangan antara lain bergerak di bidang perbankan, investasi, dan asuransi.

5. Industri pelayanan Industri ini mencakup persentase 10,14 persen.

Perusahaan di industri pelayanan yang banyak membuka lowongan kerja magang antara lain bergerak di bidang jasa dan pariwisata, seperti event organizer, perawatan kesehatan dan kecantikan, serta hotel. 

Riset dilakukan dengan menganalisis informasi lowongan kerja magang yang ditampilkan di situs Jobplanet.com selama April 2016 hingga Juni 2017. Jobplanet membandingan jumlah lowongan kerja magang di setiap kuartal, yakni pada kuartal III 2016 hingga kuartal II 2017.(Manur)

 

Sumber/foto : Harian Kompas/cdn.idntimes.com